• Artikel

    Diskriminasi Lulusan: Menyoal Rasa Tanggungjawab Pemprov dan PTAI

    Oleh: Rizal Fauzi* Ada hal yang menarik dari berita demonstrasi yang dilakukan Aliansi Anti Diskriminasi, Banten Raya Post (18/11). Bukan perseteruan cicak dan buaya dikandang singa, atau soal korupsi milyaran di provinsi. Pun bukan soal terminal yang lebih pantas disebut tambak udang daripada terminal “bertitel” kelas A. Tapi soal diskrimansi yang dialami oleh lulusan perguruan tinggi islam, yang dilabeli (I)slam setelah gelar kesarjanaan mereka. Terutama yang dialami oleh Sarjana Hukum (I).

  • Artikel

    ‘Berburu’ Naskah (Islam Klasik) di India

    Oleh: Mufti Ali, PhD Sebelum ‘berburu’ naskah Islam klasik ke India, penulis berusaha mencari bekal informasi (sejarah dan kebudayaan) India secukupnya dengan mencoba menghadiri satu sesi mata kuliah Sejarah dan Kebudayaan India (klasik dan kontemporer). Meskipun 3 dari 4 topik yang disampaikan dosen memuat informasi cliché, penulis merasa ‘bebenangan’ dengan 1 topik terakhirnya. Tiga topik cliché itu adalah calling cards orang India: Pertama, topik tentang film (Bollywood) dan Raj Kapoor (w. 1988) yang tenar di Timur Tengah, Rusia, Cina dan Indonesia. Kedua, topik tentang Taj Mahal, salah satu bangunan terindah di Dunia yang dibangun oleh Kaisar Mughal, Shah Zehan untuk mengenang istri tercintanya, Mumtaz Mahal (w. 1631) dengan mempekerjakan 20.000…

  • Artikel

    Banten Darussalam: Perspektif Sejarah

    Oleh: Prof. Dr. H.M.A. Tihami, M.A. Pendahuluan Darussalam, kata Qur’an (6:127;10:25) adalah (nama) Surga untuk perkampungan orang-orang sholeh. Istilah ini kemudian menjadi simbol bagi suatu negeri yang secara ideal memiliki kehidupan yang damai, mungkin istilah indonesianya ialah masyarakat (negeri) yang adil dan makmur. Cita-cita dan semangat membangun negeri yang adil dan makmur (Darussalam) merupakan cita-cita universal bagi manusia suatu negeri.

  • Artikel

    Banten dan Helenisme

    Oleh: Mufti Ali, Ph.D. Makalah ini mencoba mengulas respon reaktif dan akomodatif ulama Muslim sepanjang sejarah terhadap Helenisme, tradisi intelektual dan kultural (ilmu, seni dan budaya) yang berasal dari, dan terpengaruh oleh, peradaban Yunani. Di beberapa bagian dari makalah ini juga akan disoroti secara lebih spesifik respon para ulama Muslim terhadap salah satu elemen dari Helenisme, yaitu Aristotelianisme, tradisi intelektual yang dibangun di atas, dan terinspirasi oleh, karya-karya-karya Aristoteles (w. 322 SM). Membahas respon ulama terhadap salah satu warisan intelektual Yunani ini menarik untuk dilakukan karena akan memperlihatkan sikap kultural ulama Islam terhadap segala sesuatu yang bersifat ‘asing, barat, dan Yunani.’

  • Artikel

    Wisata Sejarah Banten: Upaya Mengais Kearifan Masa Lalu

    Oleh: Yanwar Pribadi Tampaknya ada upaya-upaya dari pemerintah, baik pusat maupun daerah dan juga dari masyarakat umum, untuk menghidupkan kembali kenangan akan masa lalu. Departemen Kebudayaan dan Pariwisata sudah memulainya dengan Lawatan Sejarah Nasional (Lasenas), sebuah upaya untuk mengais kearifan sejarah melalui kunjungan ke tempat-tempat bersejarah yang diperuntukkan bagi para pelajar.